- Lintasan terdiri dari dua buah jalur dengan lintasan pacu dari Garis Start sampai dengan Garis Finish sepanjang 201 meter dan panjang lintasan pengereman sepanjang 201 meter.
- Lebar lintasan pacu minimal 4 meter tiap jalur.
- Lintasan harus bebas dari halangan/hambatan, dengan kondisi jalur aspal yang datar dan rata.
- Lintasan pacu dan pengereman harus diberi pemisah jalur yang tidak menghalangi pandangan dengan ban atau karung dengan tinggi minimal 60 cm.
- Lintasan pacu dan pengereman yang berbatasan dengan penonton wajib dipisahkan dengan pagar pembatas yang tertutup rapat, Minimal 1,5 meter dari tepi jalur lintasan.
- Dibelakang garis start harus disediakan daerah untuk persiapan, line up dan start dengan minimal panjang 10 meter.
- Peserta wajib memiliki Kartu Izin Start untuk Kategori Balap Motor.
- Setiap peserta hanya diijinkan untuk mengikuti maksimal 3 kelas Utama.
- Setiap peserta diwajibkan memakai satu nomor start di setiap kelas yang diikuti.
- Setiap peserta hanya boleh mendaftar satu kali di kelas yang sama.
- Setiap peserta wajib mendaftar minimal satu kelas di Kelas Utama.
- Penggantian peserta sesudah scruttinering dilarang
keras.
III. KELAS-KELAS UTAMA
Kelas-kelas Utama yang dilombakan untuk Kejuaraan Nasional Drag Bike adalah :- Kelas Campuran 250 cc 2 Langkah Tune Up
- Kelas Bebek 125 cc 4 Langkah Tune Up
- Kelas Sport 150 cc 2 Langkah Tune Up
- Kelas Bebek 125 cc 2 Langkah Tune Up.
Kelas Campuran250 cc2 Langkah Tune Up :80 cc s/d 250 ccKelas Bebek125 cc4 Langkah Tune Up :80 cc s/d 130 ccKelas Sport150 cc2 Langkah Tune Up :135 cc s/d 155 ccKelas Bebek125 cc2 Langkah Tune Up :80 cc s/d 125 cc- Lomba dilaksanakan dalam 2 heat.
- Urutan start Heat kedua berdasarkan hasil dari Heat
Pertama. Waktu terkecil pertama start dahulu, dilanjutkan urutan waktu
terkecil kedua dan
seterusnya. - Pada saat peserta masuk ke area starting, peserta akan
ditentukan panitia jalur mana yang akan dipergunakan peserta tersebut
(jalur A atau B),
dengan jalur yang berbeda setiap heat. - Peserta wajib membawa kendaraannya dan hadir ditempat start sesuai dengan jadwal start untuk kelas tersebut.
- Peserta yang terlambat hadir 5 menit setelah peserta terakhir didalam kelas tersebut dianggap mengundurkan diri.
- Tidak diperbolehkan memperbaiki kendaraan di area starting.
- Tidak diperbolehkan memindahkan gigi dengan tangan.
- Kedua tangan harus memegang stang kendaraan dan tidak diperbolehkan mengangkat kaki, baik sebelah maupun kedua-duanya keatas jok.
- Peserta yang mencuri start langsung dikenakan sanksi Diskualifikasi.
- Start dilakukan dalam keadaan mesin hidup/menyala.
- Perlombaan ini terdiri dari dua heat yang mengambil waktu tempuh tercepat dalam detik dan pecahannya (Best time).
- Pencatatan waktu dilakukan digaris Finish yang dilakukan dengan alat cetak dan didukung pencatatan biasa (alat cetak waktu bukan suatu keharusan).
- Hasil waktu tempuh peserta yang dikeluarkan oleh kamar hitung adalah mutlak dan tidak dapat diprotes/diganggu gugat.
- Jika terjadi nilai waktu yang sama, pemenang ditentukan dari catatan waktu yang terbaik di heat kedua.
- Bila masih sama, untuk menentukan pemenang dilihat dari kapasitas cc yang lebih kecil.
- Ada atau tidaknya suatu protes panitia berhak
memerintahkan pembongkaran mesin kendaraan peserta. Sanksi :
Diskualifikasi.
Tuesday, November 26, 2013
Info Dragbike Indonesia
Dragbike
adalah kejuaraan mengendarai sepeda motor melawan waktu dengan kecepatan tinggi
yang dilakukan didalam sebuah lintasan pacu aspal yang tertutup yang terdiri
dari dua buah jalur lurus sejajar dengan panjang yang sama.
Posted By:
Unknown
On 9:30 AM
In
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 komentar:
Post a Comment